Rabu, 15 September 2010

REMAJA HINDU SAAT INI

Di zaman era globalisasi ini banyak terjadi perubahan khususnya dengan remaja di saat sekarang, banyak kenyataan dan fakta sekarang ini mengenai berubahnya kepedulian terhadap agama kita sendiri (HINDU) khususnya kaum remaja hindu terhadap budaya hindu sendiri. Hal ini terlihat yakni dengan sedikitnya remaja hindu yang memang betul mau ngayah atau sembahyang ke pura. Namun kalanya tidak dapat kita pungkiri memang banyak remaja yang datang ke tempat – tempat suci atau ke pura untuk sembahyang.

Kedatangan mereka sebenarnya ketika kita amati mendalam dan melihat banyak kenyataan pada saat sekarang ini, mereka datang sembahyang juga sering dijadikan ajang untuk mencari kesenangan atau mencari pasangan. Dapat kita lihat banyak remaja hindu sekarang ini datang berpasangan, ini sering di jadikan kesempatan kaum remaja untuk mencari kesenangannya sendiri. Hal ini sebenarnya salah karena tujuan kita adalah sembahyang tidak berpacaran. Kaum remaja hindu sekarang ini kalau kkita kaji dan tanyakan kepada orang tua kita memang betul telah berubah kadang kita melihat ada remaja yang sehabis sembahyang atau pada saat sembahyang mereka mencari tempat tertentu, namun banyak juga kaum remaja hindu setelah sembahyang dan keluar dari pura namun tetap menggunakan busana adat dan itu pun masih dekat areal pura mereka melakukan hal yang seharusnya tidak mereka lakukan. Banyak orang berbicara mengenai hal ini khususnya para orang tua yang sering protes dengan kejadian ini.
Tidak hanya itu saja namun ada juga remaja yang mengajak pasangannya untuk sembahyang, tujuan mereka memang betul sembahyang dan disaat mereka sembahyang tidak ada sesuatu yang kelihatan menjolok tetap saja mereka seperti keluarga, namun hal ini sangat sedikit kita temui.kepedulian remaja Hindu saat ini sangat minim misalnya dapat kita lihat seberapa besar remaja yang mau berdana punia ? Cuma sedikit pada sekaraang ini remaja yang mau mengaturkan dana punia mereka hanya berpatokan dan berfikir terhadap kesenangannya sendiri.


Sangat sedikit remaja yang mau beryadnya padahal kita beryadnya kepada agama sendiri, seperti gambar diatas sangat jarang kita temui remaja yang mengaturkan dana punia di pura atau tempat-tempat suci lainnya. Dimana kepedulian remaja hindu sekarang ? kebanyakan orang lupa beryadnya,berdana punia,berbakti dan sujud kepada Ida Shanghyang Widhi di saat kita senang, namun disaat mereka menderita mereka baru menyebut nama Tuhan. Kapan kita bisa menumbuhkan rasa bakti yang mendalam ? kapan kita bisa menyadarkan orang-orang khususnya kaum remaja agar mau berbakti dan sadar ? dapat juga kita lihat kenyataannya seberapa besar partisipasi kaum remaja di pura pada saat ada acara? Hanya sedikit bahkan jarang kita lihat kaum remaja yang ngaturang ngayah dipura. Meskipun itu ada namun sedikit kita temui di masa sekarang ini.


Saya sebagai remaja hindu merasa tersentuh dengan kejadian-kejadian yang saya temui sekarang. Belum banyak remaja yang sadar akan dirinya dan menggunakan alasan sembahyang untuk hal yang lain. Namun saya salut kepada remaja yang lain memang mereka berpasangan namun tujuan mereka memang betul-betul sembahyang, saya sangat salut dengan hal itu, namun sayangnya sangat sedikit yang demikian.
Sekarang marilah kita tunjukkan kepedulian kita terhadap agama kita khususnya bagi kaum remaja mari kita jaga kesucian pura, nama agama kita dan bersama-sama membangun rasa cinta terhadap agama sendiri. Meskipun Cuma sedikit remaja yang sadar akan cintanya terhadap Tuhan,agama dan yadnya marilah kita bangun bersama hilangkan pandangan negatif dari orang-orang mengenai kita,tunjukkan bahwa kita mencintai agama kita sendiri dan jagalah sopansantun dan tatakrama disaat kita pergi ketempat suci dan pergi sembahyang, jangan sampai kita sebagai remaja jauh melenceng dari agama kita sendiri tunjukkan lah bahwa memang kita benar-benar berbakti.



I/21/07/08
DARMA PUTRA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar